information not only about recent accounting practices and recent accounting case and study but also management problems as a hole! exercises and solution about accounting (especially in indonesia)

Monday, February 27, 2006

3 cara meningkatkan profitabilitas perusahaan

3 cara meningkatkan profitabilitas perusahaan
Menurut pendapat saya hanya ada 3 cara meningkatkan profitabilitas suatu perusahaan jika dilihat dari sisi keuangan, berikut tips dan penjelasan singkat mengenai hal tersebut :
3 cara meningkatkan profitabilitas perusahaan yaitu :
1. Mengurangi beban
2. Meningkatkan Margin atau keuntungan.
3. Meningkatkan Sales

Apabila anda bisa melakukan ketiga hal tersebut secara sekaligus, hal itu akan membawa hal yang lebih baik lagi untuk profitabilitas perusahaan anda.

Mengurangi Beban
Salah satu cara yang paling masuk akal untuk meningkatkan profitabilitas anda andalah dengan melakukan pengurangan atau pengontrolan terhadap beban – beban perusahaan. Salah satu keuntungan dari melakukan pengendalian atas beban perusahaan adalah karena beban perusahaan memotong hamper setengah dari keuntungan anda. Untuk setiap rupiah yang berhasil anda simpan dengan menghilangkan beberapa beban perusahaan, anda dapat menerima uang ekstra dari keuntungan anda. (tentu saja dengan meningkatkan penjualan adalah cara yang lain dalam meningkatkan keuntungan anda, tetapi uang ekstra didalam penjualan hanya dapat membawa keuntungan perusahaan anda sebesar 25 %). Banyak cara untuk mengurangi beban – beban perusahaan anda. Anda harus kreatif dalam melakukannya, penuh dengan konsentrasi dan analisa. Walaupun operasi merupakan bagian dari bisnis yang tidak mungkin dihilangkan, anda harus berpikir keras tentang bagaimana anda bisa mengurangi beban operasi dengan sangat hati – hati. Anda juga harus mempertimbangkan baik dan buruknya dalam jangka panjang. Anda harus juga mempertimbangkan efek dari pemotongan beban tersebut, jangan hanya memikirkan jangka pendek saja, tetapi jangka panjang juga harus dipertimbangkan. Mengendalikan beban perusahaan anda harus dilakukan pada saat anda memulai usaha anda. Anda harus dengan seksama memperhatikan beban – beban perusahaan. Dengan sangat berhati – hati terhadap pengeluaran dan membuat suatu strategi terhadap pengeluaran – pengeluaran anda. Setelah anda melakukan komitmen untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan anda, melakukan pengendalian atas beban – beban perusahaan anda merupakan pilihan yang harus menjadi pilihan utama anda. Karena untuk setiap pengendalian atas beban – beban perusahaan akan membawa pengaruh secara langsung terhadap pendapatan anda. Berikut ini ada beberapa tips dalam melakukan pengendalian atas beban – beban perusahaan.

Jangan Pernah membayar biaya – biaya bank yang tidak perlu.
Mulailah melakukan survey dan pengawasan terhadap bank – bank yang ada. Jika bank anda terlalu banyak melakukan pengenaan biaya atas transaksi yang seharusnya tidak perlu dikenakan maka bersiap – siaplah mencari bank lain yang dapat memberikan biaya – biaya bank yang rendah atau mungkin tidak sama sekali dikenakan biaya.
Bisa juga dengan melakukan negosiasi dengan pihak bank bahwa biaya – biaya tersebut seharusnya tidak dikenakan kepada perusahaan anda, dengan memberikan argumentasi perbandingan dengan bank lain. Saya teringat ketika saya berkerja disuatu perusahaan asing, pada saat itu bank dimana kami menyimpan uang perusahaan mengenakan biaya transaksi hampir 500.000 setiap bulannya, padahal perusahaan tersebut hanya menimpan uangnya untuk sekedar keamanan saja dan tidak pernah digunakan untuk transaksi. Sayapun menanyakan atas biaya apa perusahaan tersebut dikenakan biaya. Ternyata biaya teknologi informasi jasa yang bank tersebut gunakan bagi perusahaan untuk mencek saldo ataupun melakukan transaski secara online. Karena menurut saya perusahan bertujuan hanya untuk menyimpan uang saja tidak untuk melakukan teransaksi maka saya putuskan untuk mematikan jasa pelayanan tersebut dan hasilnya kami tidak dikenaka pemotongan setiap bulannya karena hal tersebut.

Kurangi biaya telphone anda.
Apabila anda sering melakukan telphone jarak jauh atau interlokal, maka gunakanlah jasa telphone international calls yang biayanya lebih terjangkau. Teknologi Informasi membuat semuanya labih mudah dan cepat, perkembangan teknologi informasi memungkinkan telekomunikasi jarak jauh tanpa biaya telphone, hanya menggunakan internet maka anda bisa melakukan telphone. Atau mingkin anda jarang melakukan telphone interlokal, maka gunakanlah telphoe seperlunya saja. Banyak karyawan perusahaan yang memanfaatkan telphoe kantor untuk melakukan obrolan ringan dengan rekan lainnya diluar kantor atau bahkan kekasih – kekasih mereka diluar daerah. Memang biayanya tidak akan terlalu besar jika dilakukan hanya sekali saja, coba anda bayangkan jika hal ini dilakukan setiap hari, dan semua karyawan anda melakukan hal tersebut setiap saat. Besar bukan?.

Tanyakan Penawaran harga dan melakukan perbandingan sebelum membeli sesuatu.
Memang sedikit melehkan jika anda harus melakukan perbandingan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya tetapi hal semua demi keuntungan perusahaan anda bukan. Memang terkadang perusahaan yang satu dengan yang lainnya tidak memiliki perbedaan yang jauh, tetapi jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar maka perbedaan harga tersebut akan terlihat jelas.

Meningkatkan Laba
Laba kotor mewakili antara penjualan dengan biaya – biaya untuk menghasilkan penjulan tersebut. Jika produk anda dijual dengan harga Rp. 100.000 dan biaya untuk membuat produk tersebut adalah Rp. 50.000 sudah termasuk didalamnya biaya pengiriman, maka laba kotornya adalah sebesar Rp. 50.000 atau sebesar 50%. Mekanisme peningkatan keuntungan sama halnya dengan mekanisme penurunan beban perusahaan. Setiap rupiah penghasilan yang diperoleh berasal dari peningkatan keuntungan. Mari kita anggap tidak ada pengurangan dalam penjualan. Maka akan menghasil keuntungan pada akhirnya. Pada contoh sebelumnya tersebut, jika harga suatu produk ditingkatkan sebesar Rp.10.000, maka keuntungan perusahan akan meningkat dari 50 % menjadi 55.5 %maka laba kotor perusahaan akan meningkat dari 50.000 menjadi 60.000. Setiap pemilik dari usaha kecil menengah harus sering melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap keuntungan produknya minimal setiap setahun sekali. Putuskan sekali dalam setiap tahun kapankah menurut anda waktu yang tepat untuk menaikan harga. (Biasanya pada saat pertama tahun fiskal perusahaan anda.) Tandai tanggal dimana anda memutuskan untuk menaikan harga. Analisa harga – harga barang anda mulai dari harga yng terendah hingga harga yang tertinggi. Berhati – hatilah dalam menaikan harga pada setiap produk anda. Jangan pernah sembarangan dalam menaikan harga – harga produk anda, diperlukan analisa mendalam untuk setiap kenaikan yang anda putuskan. Kenaikan harga haruslah berdasarkan kenaikan yang juga kompetitif dan memang pantas untuk dilakukan kenaikan harga untuk meningkatkan keuntungan.

Meningkatkan Penjualan
Setelah beban – beban anda dikurangi secara strategis dan keuntungan anda telah ditingkatkan maka sekaranglah saatnya bagi anda untuk melakukan peningkatan penjualan. Bagaimanapun juga penyerangan (meningkatkan penjualan) merupakan hal yang sangat menyenangkan dibandingkan melakukan pemotongan atas beban – beban perusahaan anda.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

 
Current Time:
Please enter your age:: Example: (november 1,1966)




You are days old:
Plus hours old:
Plus minutes old: